Kata Kunci
Salah satu tantangan sebuah bahasa grafis
adalah , anda harus mengingat apa arti symbol tersebut. Jika anda membutuhkan
sebuah bentuk pemodelan yang tidak terdapat dalam UML tetapi mirip dengan yang
ada tetapi tandailah dengan sebuah kata kunci untuk menunjukan bahwa anda
memiliki sesuatu yang berbeda. Contohya adalah antarmuka. Sebuah antarmuka UML
yang merupakan sebuah class yang halnya memiliki operasi public, tanpa
mempunyai bentuk metode. Karena ini merupakan class jenis khusus, antarmuka di
tunjukan menggunakan ikon class dengan kata kunci <>.
Kata kunci biasanya di tunjukan dalam bentuk teks diantara kurung siku.
Operasi Statis dan Atribut
UML menyebut sebuah operasi atau sebuah
atribut yang di terapkan pada sebuah class bukan pada sebuah perintah sebagai
statis. Penanaman ini sama dengan kelompok statis dalam bahasa-bahasa C.
Agregasi dan Komposisi
Salah satu sumber kebingungan dalam UML adalah
agregasi dan komposisi. Karena agregasi merupakan dari hubungan. Tampaknya
mudah, tetapi sebenarnya hal yang sulit adalah membedakan antara agregasi dan
asosiasi.
Kunci komposisi adalah aturan “ tanpa
sharing”. Komposisi merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan property yang
di miliki nilai, property objek nilai atau properti yang memiliki kepemilikan yang kuat dan
eksklusif pada komponen lainnya. Agregasi tidak memiliki arti yang jelas, jadi,
saya sarankan untuk mengabaikannya dalam diagram anda sendiri.
Properti Derived
Derivasi dalam sudut pandang perangkat lunak
dapat diterjemahkan dalam beberapa cara yang berbeda. Meskipun ini umum
digunakan , saya tidak terlalu teliti karena mengungkapkan terlalu banyak data
internal Datarange.
Derivasi juga dapat di terapkan pada properti
yang menggunakan notasi asosiasi. Dalam hal ini, Anda hanya menambah sebuah /
pada namanya.
Antarmuka dan Class Abstrak Class
Abstrak
adalah sebuah class yang tidak dapat dijabarkan secara langsung. Cara yang
paling umum untuk menunjukan sebuah class atau operasi abstrak dalam UML adalah
dengan memiringkan namanya.
Sebuah antarmuka adalah sebuah class yang
tidak memiliki implementasi, yaitu seluruh fiturnya abstrak. Antarmuka
berhubungan secara langsung dengan antarmuka di C# dan java dan merupakan idiom
yang umum dalam jenis bahasa yang lain . Tandai sebuah antarmuka dengan kata
kunci <>.
Read-Only dan Frozen
Anda menggunakan kata kunci ini untuk menandai
sebuah properti yang hanya dapat dibaca oleh klien dan tidak dapat di update.
Hal yang berbeda tapi mirip adalah kata kunci { Frozen } dari UML 1. Sebuah
properti adalah frozen jika tidak dapat berubah selama jangka hidup sebuah
objek, properti semacam ini sering disebut kekal. Meskipun dihilangkan dari UML
2, {Frozen} merupakn sebuah konsep yang
sangat berguna, jadi saya akan terus menggunakannya. Seperti halnya menandai
properti individual sebagai frozen, anda dapat menggunakan kata kunci ini pada
sebuah class untuk menunjukan bahwa seluruh properti seluruh perintahnya
frozen.
Objek Referensi dan Objek Nilai
Salah satu hal yang umum dibicarakan tentang
objek adalah mereka memiliki identitas, tetapi tidaklah sesederhana itu.
Objek referensi adalah
objek seperti pelanggan. Di sini, identitas sangat penting karena anda biasanya
ingin satu objek perangkat lunak untuk menunjuk seorang pelanggan dalam dunia
nyata.
Objek nilai adalah objek seperti Tanggal. Anda
sering memiliki banyak objek nilai yang mewakili objek yang sama di dunia
nyata. Sebagai contohnya, adalah hal yang wajar untuk mempunyai ratusan objek
yang menunjukkan 1-Jan-04. Ini merupakan kopian yang tidak dapat
dipindah-pindahkan. Tanggal-tanggal baru diciptakan dan dihapus dengan sering.
Qualified Assosiation
Qualifised association adalah sebuah konsep
pemrograman yang ekuivalen dengan UML yang lebih dikenal sebagai assosiative
arrays, maps, hashes, dan dictionaries.
Klasifikasi dan Generalisai
Saya sering mendengar
orang membicarakan tentang penulisan hubungan adalah sebuah. Saya berharap anda berhati-hati dengan cara
pemikiran ini. Masalahnya adalah frase adalah
sebuah dapat berart berbeda.
Klasifikasi Multiple dan Dinamis
Klasifikasi mengacu
pada hubungan antara sebuah objek dengan tipenya. Dalam klasifikasi tunggal,
sebuah objek merupakan bagian dari tipe tunggal, yang mungkin didapat dari
supertype. Klasifikasi multiple berbeda dengan turunan multiple. Turunan
multiple menjelaskan bahwa sebuah tipe dapat memiliki banyak supertype tetapi
sebuah tipe tunggal harus di definisikan untuk setiap objek.
Contohnya, pikirkan
seseorang sebagai pria atau wanita, dokter atau perawat , pasien atau bukan.
Klasifikasi multiple memungkinkan sebuah objek untuk memiliki setiap tipe yang
dilekatkan padanya dengan kombinasi yang mungkin, tanpa perlu menjelaskan untuk
seluruh kombinasi yang legal.
Class Asosiasi
Class asosiasi memungkinkan anda untuk menambah
atribut, operasi, dan fitur-fitur lainnya pada asosiasi. Keuntungan apa yang
anda peroleh dengan class aosiasi untuk
mengimbangi notasi ekstra yang harus anda ingat? Class asosiasi menambahkan
sebuah batasan tambahan, di mana hanya ada sebuah perintah class asosiasi
antara dua objek yang berperan.
Penerapan class
asosiasi ini tidak terlsalu kelihatan. Saran saya adalah terapkan class
asosiasi seperti halnya sebuah class utuh yang member metode yang mendapatkan
informasi kepada class yang berhubungan dengan class asosiasi.
Class Template
Beberapa bahasa, yang paling kentara adalah
C++, memiliki pemahaman tentang class terparameter atau tamplate. Konsep ini
berguna untuk bekerja dengan koleksi-koleksi di sebuah bahasa cetak yang kuat.
Dengan cara ini anda dapat menentukan behavior untuk set-set secara umum dengan
menentukan sebuah class tamplate set.
Enumerasi
Enumerasi digunakan untuk menunjukkan sebuah
set nilai yang ditentukan yang tidak memiliki properti apapun kecuali nilai
simbolis mereka. Mereka ditunjukkan sebagai class dengan kata kunci
<>.
Class Aktif
Sebuah class aktif memiliki perintah-perintah
yang masing-masing mengeksekusi dan mengatur ukuran kontrolnya. Sebuah contoh
bagus dalam hal ini adalah sebuah pemroses perintah menerima objek-objek
perintah dari luar dan kemudian mengeksekusi perintah tersebut didalam urutan
kontrolnya.
Visibility
Visibility adalah sebuah subjek sederhana
secara prinsip tetapi seluk-beluknya sangat kompleks. Meskipun demikian, setiap
bahasa membuat aturan-aturannya sendiri. Walaupun banyak bahasa menggunakan
istilah seperti public, private, dan protected. Mereka mempunyai arti yang berbeda dalam
bahasa yang berbeda. Perbedaan-perbedaannnya memang kecil, tetapi mereka akan
menyebabkan kebingungan, khususnya bagi mereka yang menggunakan lebih dari satu
bahasa.
Pesan
UML standar tidak menampilkan
informasi tentang panggilan pesan pada class diagram. Meskipun demikian,
beberapa kali saya menemui diagram konvesional . Diagram-diagram ini menambahkan
tanda panah pada setiap sisi asosiasi. Tanda panah ini diberi label pesan-pesan
yang dikirimkan objek satu ke objek lainnya. Karena anda tidak memerlukan
sebuah asosiasi dengan sebuah class untuk mengirimkan pesan kepadanya, anda
dapat juga perlu menambahkan sebuah tanda panah ketergantungan untuk
menampilkan pesan-pesan antar class yang tidak berhubungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar