Senin, 17 Desember 2012

RANGKUMAN CLASS DIAGRAM KONSEP TINGKAT LANJUT



Kata Kunci
 Salah satu tantangan sebuah bahasa grafis adalah , anda harus mengingat apa arti symbol tersebut. Jika anda membutuhkan sebuah bentuk pemodelan yang tidak terdapat dalam UML tetapi mirip dengan yang ada tetapi tandailah dengan sebuah kata kunci untuk menunjukan bahwa anda memiliki sesuatu yang berbeda. Contohya adalah antarmuka. Sebuah antarmuka UML yang merupakan sebuah class yang halnya memiliki operasi public, tanpa mempunyai bentuk metode. Karena ini merupakan class jenis khusus, antarmuka di tunjukan menggunakan ikon class dengan kata kunci <>. Kata kunci biasanya di tunjukan dalam bentuk teks diantara kurung siku.

Operasi Statis dan Atribut
 UML menyebut sebuah operasi atau sebuah atribut yang di terapkan pada sebuah class bukan pada sebuah perintah sebagai statis. Penanaman ini sama dengan kelompok statis dalam bahasa-bahasa C.

Agregasi  dan Komposisi
 Salah satu sumber kebingungan dalam UML adalah agregasi dan komposisi. Karena agregasi merupakan dari hubungan. Tampaknya mudah, tetapi sebenarnya hal yang sulit adalah membedakan antara agregasi dan asosiasi.
 Kunci komposisi adalah aturan “ tanpa sharing”. Komposisi merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan property yang di miliki nilai, property objek nilai atau properti  yang memiliki kepemilikan yang kuat dan eksklusif pada komponen lainnya. Agregasi tidak memiliki arti yang jelas, jadi, saya sarankan untuk mengabaikannya dalam diagram anda sendiri.

Properti Derived
 Derivasi dalam sudut pandang perangkat lunak dapat diterjemahkan dalam beberapa cara yang berbeda. Meskipun ini umum digunakan , saya tidak terlalu teliti karena mengungkapkan terlalu banyak data internal Datarange.
 Derivasi juga dapat di terapkan pada properti yang menggunakan notasi asosiasi. Dalam hal ini, Anda hanya menambah sebuah / pada namanya.

Antarmuka dan Class Abstrak Class
  Abstrak adalah sebuah class yang tidak dapat dijabarkan secara langsung. Cara yang paling umum untuk menunjukan sebuah class atau operasi abstrak dalam UML adalah dengan memiringkan namanya.
 Sebuah antarmuka adalah sebuah class yang tidak memiliki implementasi, yaitu seluruh fiturnya abstrak. Antarmuka berhubungan secara langsung dengan antarmuka di C# dan java dan merupakan idiom yang umum dalam jenis bahasa yang lain . Tandai sebuah antarmuka dengan kata kunci <>.

Read-Only dan Frozen
 Anda menggunakan kata kunci ini untuk menandai sebuah properti yang hanya dapat dibaca oleh klien dan tidak dapat di update. Hal yang berbeda tapi mirip adalah kata kunci { Frozen } dari UML 1. Sebuah properti adalah frozen jika tidak dapat berubah selama jangka hidup sebuah objek, properti semacam ini sering disebut kekal. Meskipun dihilangkan dari UML 2,  {Frozen} merupakn sebuah konsep yang sangat berguna, jadi saya akan terus menggunakannya. Seperti halnya menandai properti individual sebagai frozen, anda dapat menggunakan kata kunci ini pada sebuah class untuk menunjukan bahwa seluruh properti seluruh perintahnya frozen.

Objek Referensi dan Objek Nilai
 Salah satu hal yang umum dibicarakan tentang objek adalah mereka memiliki identitas, tetapi tidaklah sesederhana itu.
Objek referensi adalah objek seperti pelanggan. Di sini, identitas sangat penting karena anda biasanya ingin satu objek perangkat lunak untuk menunjuk seorang pelanggan dalam dunia nyata.
 Objek nilai adalah objek seperti Tanggal. Anda sering memiliki banyak objek nilai yang mewakili objek yang sama di dunia nyata. Sebagai contohnya, adalah hal yang wajar untuk mempunyai ratusan objek yang menunjukkan 1-Jan-04. Ini merupakan kopian yang tidak dapat dipindah-pindahkan. Tanggal-tanggal baru diciptakan dan dihapus dengan sering.

Qualified Assosiation
 Qualifised association adalah sebuah konsep pemrograman yang ekuivalen dengan UML yang lebih dikenal sebagai assosiative arrays, maps, hashes, dan dictionaries.


Klasifikasi dan Generalisai
Saya sering mendengar orang membicarakan tentang penulisan hubungan adalah sebuah. Saya berharap anda berhati-hati dengan cara pemikiran ini. Masalahnya adalah frase adalah sebuah dapat berart berbeda.

Klasifikasi Multiple dan Dinamis
Klasifikasi mengacu pada hubungan antara sebuah objek dengan tipenya. Dalam klasifikasi tunggal, sebuah objek merupakan bagian dari tipe tunggal, yang mungkin didapat dari supertype. Klasifikasi multiple berbeda dengan turunan multiple. Turunan multiple menjelaskan bahwa sebuah tipe dapat memiliki banyak supertype tetapi sebuah tipe tunggal harus di definisikan untuk setiap objek.
Contohnya, pikirkan seseorang sebagai pria atau wanita, dokter atau perawat , pasien atau bukan. Klasifikasi multiple memungkinkan sebuah objek untuk memiliki setiap tipe yang dilekatkan padanya dengan kombinasi yang mungkin, tanpa perlu menjelaskan untuk seluruh kombinasi yang legal.

Class Asosiasi
 Class asosiasi memungkinkan anda untuk menambah atribut, operasi, dan fitur-fitur lainnya pada asosiasi. Keuntungan apa yang anda peroleh  dengan class aosiasi untuk mengimbangi notasi ekstra yang harus anda ingat? Class asosiasi menambahkan sebuah batasan tambahan, di mana hanya ada sebuah perintah class asosiasi antara dua objek yang berperan.
Penerapan class asosiasi ini tidak terlsalu kelihatan. Saran saya adalah terapkan class asosiasi seperti halnya sebuah class utuh yang member metode yang mendapatkan informasi kepada class yang berhubungan dengan class asosiasi.

Class Template
 Beberapa bahasa, yang paling kentara adalah C++, memiliki pemahaman tentang class terparameter atau tamplate. Konsep ini berguna untuk bekerja dengan koleksi-koleksi di sebuah bahasa cetak yang kuat. Dengan cara ini anda dapat menentukan behavior untuk set-set secara umum dengan menentukan sebuah class tamplate set.

Enumerasi
 Enumerasi digunakan untuk menunjukkan sebuah set nilai yang ditentukan yang tidak memiliki properti apapun kecuali nilai simbolis mereka. Mereka ditunjukkan sebagai class dengan kata kunci <>.



Class Aktif
 Sebuah class aktif memiliki perintah-perintah yang masing-masing mengeksekusi dan mengatur ukuran kontrolnya. Sebuah contoh bagus dalam hal ini adalah sebuah pemroses perintah menerima objek-objek perintah dari luar dan kemudian mengeksekusi perintah tersebut didalam urutan kontrolnya.

Visibility
 Visibility adalah sebuah subjek sederhana secara prinsip tetapi seluk-beluknya sangat kompleks. Meskipun demikian, setiap bahasa membuat aturan-aturannya sendiri. Walaupun banyak bahasa menggunakan istilah seperti public, private, dan protected.  Mereka mempunyai arti yang berbeda dalam bahasa yang berbeda. Perbedaan-perbedaannnya memang kecil, tetapi mereka akan menyebabkan kebingungan, khususnya bagi mereka yang menggunakan lebih dari satu bahasa.

Pesan
UML standar tidak menampilkan informasi tentang panggilan pesan pada class diagram. Meskipun demikian, beberapa kali saya menemui diagram konvesional . Diagram-diagram ini menambahkan tanda panah pada setiap sisi asosiasi. Tanda panah ini diberi label pesan-pesan yang dikirimkan objek satu ke objek lainnya. Karena anda tidak memerlukan sebuah asosiasi dengan sebuah class untuk mengirimkan pesan kepadanya, anda dapat juga perlu menambahkan sebuah tanda panah ketergantungan untuk menampilkan pesan-pesan antar class yang tidak berhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar